Industri Emas Gunakan Teknologi Blockchain untuk Manajemen Rantai Pasokan

JAKARTA – Beberapa organisasi paling terkemuka di industri emas telah bergabung untuk meluncurkan “program integritas” baru yang menggunakan teknologi blockchain. Ini digunakan untuk manajemen rantai pasokan, sebuah langkah yang dimaksudkan untuk membantu pelaku pasar memverifikasi keaslian emas batangan mereka.

London Bullion Market Association (LBMA) dan World Gold Council (WGC) mengumumkan Senin, 28 Maret, bahwa mereka berkolaborasi untuk mengembangkan “sistem internasional integritas batangan emas, lacak balak dan asalnya” yang didasarkan pada teknologi blockchain yang dikembangkan oleh perusahaan aXedras dan Peer Ledger.

Our CEO David Tait and LBMA CEO Ruth Crowell today announce the launch of a new Gold Bar Integrity Programme. Together with @lbmaexecutive, we will develop and implement an international system of gold bar integrity, chain of custody and provenance: https://t.co/jcZ6V1wYLB pic.twitter.com/x7klqZ8WTL

— World Gold Council (@GOLDCOUNCIL) March 28, 2022

Buku besar akan digunakan untuk mendaftarkan dan melacak batangan emas pada setiap tahap siklus produksi dan distribusi, termasuk penambangan, kubah, dan pembelian oleh produsen perhiasan.

Apa yang disebut Program Integritas Batangan Emas didukung oleh organisasi seperti CME Group, Metalor, Barrick Gold, Brinks, Royal Canadian Mint, Newcrest Mining, Hummingbird Resources, Argos Heraeus SA, Asahi, Aura Minerals, Perth Mint, dan lainnya.

Awalnya dikembangkan sebagai percontohan, program tersebut pada akhirnya akan dipromosikan untuk digunakan di seluruh industri emas, kata LBMA dan WGC.

Manajemen rantai pasokan disebut sebagai salah satu kasus penggunaan teknologi blockchain yang paling menjanjikan. Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, lebih dari setengah perusahaan yang ditambahkan ke daftar perusahaan 2021 Blockchain 50 Forbes secara aktif menggunakan teknologi buku besar terdistribusi untuk menyelesaikan masalah rantai pasokan dan logistik mereka.

Pada April 2021, kontraktor pertahanan Amerika, Lockheed Martin, mengatakan mereka menggunakan teknologi blockchain untuk manajemen rantai pasokan di Swiss.

Isu-isu seperti penambangan ilegal, emas yang dicuci, batangan-batangan palsu dan pelanggaran hak asasi manusia telah membuat industri emas sangat rentan terhadap opacity rantai pasokan. Pada tahun 2020, Organisasi untuk Kerja sama Ekonomi dan Pembangunan merilis sebuah laporan yang memberikan panduan tentang bagaimana produsen emas dapat menghindari kontribusi terhadap “pelanggaran serius” dalam proses penambangan dan produksi.