Siapa Sangka Kalau Deretan Label Fashion Berikut Pernah Kolaborasi Bareng Perusahaan Teknologi Dunia!

Perekonomian dunia akhir-akhir ini sedang dikuasai oleh perusahaan teknologi. Mereka tengah berlomba mengedepankan berbagai kemajuan teknologi untuk bisa diterima dan diterapkan masyarakat. Pengaruhnya juga sampai ke industri fashion.

Pernahkah kamu membayangkan jika para label fashion melakukan kerjasama atau kolaborasi dengan perusahaan teknologi? 

Kenyataannya ada beberapa brand fashion kenamaan yang melakukan kolaborasi dengan perusahaan teknologi besar di dunia. Tujuan dari kolaborasi ini sebenarnya tidak jauh dari peningkatan penjualan serta memberikan prestise bagi para pemakainya.

Penasaran brand fashion apa saja yang pernah melakukan kolaborasi dengan perusahaan teknologi dunia? 

LG x Prada

LG Prada/Foto : wikipedia.org

Kolaborasi brand fashion dan perusahaan teknologi sebenarnya bukan cerita baru. Pada tahun 2006 silam, brand fashion kenamaan Italia, Prada, pernah berkolaborasi dengan LG meluncurkan ponsel yang diberi nama LG Prada. Ponsel ini mempunyai kapasitas memori internal 8MB dan bisa diupgrade hingga 2GB.

Dilengkapi pula dengan 1 buah kamera belakang berukuran 2MP dan flash LED. Body luarnya berwarna hitam dengan logo bertuliskan PRADA di dekat speaker atas. Ponsel ini dioperasikan dengan disentuh tanpa stylus, dan tidak berbasis Android. Meski produksi ponsel ini sudah dihentikan sejak lama, namun ponsel ini pernah terjual 1 juta unit dengan harga US$ 849 atau setara dengan 12 juta rupiah per unitnya. 

Ray-ban x Facebook 


Ray-ban Stories/Foto : ray-ban.com

Suka bikin Facebook stories tapi males keluarin smartphone? Facebook punya solusi nih! Tahun 2021 lalu, Facebook bekerjasama dengan brand eyewear Ray-ban meluncurkan kacamata yang memudahkan penggunanya membuat stories di Facebook.

Kacamata yang bernama Ray-ban Stories ini dilengkapi dengan 2 kamera kecil berukuran 5MP yang terdapat di kedua sisi bingkainya. Selain untuk mengabadikan momen lewat foto dan video, smart glasses ini bisa digunakan untuk media komunikasi.

Terdapat open speaker untuk memudahkan pemakainya melakukan panggilan telepon. Bahkan ke depannya nanti, kamu bisa membalas pesan Whatsapp hanya dengan perintah suara. Pada situs resminya, Ray-ban Stories dijual dengan harga US$ 299 atau setara dengan 4,5 juta rupiah.

 

Gucci x Microsoft

Gucci berkolaborasi dengan Microsoft meluncurkan Gucci Xbox
Gucci Xbox/Foto : gucci.com

Pada bulan November 2021 lalu, perusahaan teknologi terbesar Microsoft berkolaborasi dengan Gucci meluncurkan game console Xbox by Gucci. Set konsol ini disimpan dalam suitcase yang terbuat dari bahan kulit asli dengan motif GG di seluruh permukaannya. Ada pula luggage tag berwarna kuning bertuliskan Gucci x Xbox di handler kopernya.

Di dalam koper tersebut terdapat konsol Xbox dengan motif GG di seluruh permukaan unitnya. Dilengkapi pula dengan 2 buah wireless controller dengan garis merah dan biru khas dari Gucci. Konsol ini diproduksi sangat terbatas, yaitu 100 unit saja dengan harga jual per unitnya US$ 10,000 atau setara dengan 150 juta rupiah.

 

Hermes x Apple

Hermes berkolaborasi dengan Apple meluncurkan Hermes Apple Watch
Hermes Apple Watch/Foto : apple.com

Gemar beraktivitas sambil mengenakan smartwatch? Kamu wajib melirik kolaborasi istimewa Apple Watch dengan brand fashion kenamaan, Hermes. Masih mempertahankan desain persegi Apple Watch, jam tangan pintar ini tersedia dalam berbagai pilihan strap berbahan kulit dan nylon yang semuanya diproduksi oleh Hermes. Mereka menampilkan logo H khas Hermes di beberapa model strap.

Tidak hanya itu, gambar kuda yang terdapat pada logo Hermes juga ditampilkan pada layar jam tersebut. Jam tangan ini dikemas dalam kotak berwarna oranye, sebagaimana produk Hermes lainnya. Pada situs resmi Apple, jam tangan pintar ini dijual dengan harga US$ 1,759 atau setara dengan 26 juta rupiah. 

Louis Vuitton x Master & Dynamic

Earphone hasil kolaborasi unik antara Louis Vuitton dengan Master & Dynamic
Louis Vuitton Hirozon Earphone/Foto : masterdynamic.com

Airpods atau earphone yang terhubung dengan bluetooth tampaknya sudah menjadi kebutuhan sehari-hari kaum millennial untuk mempermudah komunikasi mereka. Master & Dynamics bekerjasama dengan label fashion kenamaan Perancis, Louis Vuitton, meluncurkan The Louis Vuitton Horizon Earphone.

Tidak seperti bluetooth earphone pada umumnya, mereka menggunakan material logam sebagai wadah penyimpanan sekaligus pengisian daya untuk earphone-nya. Tutup wadahnya transparan dengan tulisan Louis Vuitton mengelilingi pinggir tutupnya. Logo khas LV terukir jelas baik pada wadah maupun earphone-nya sendiri.

Tersedia dalam 5 pilihan warna yang keren, pada situs resmi Master & Dynamic, earphone ini dijual dengan harga US$ 1,090 atau setara dengan 16 juta rupiah.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)